Cara Jitu Menjaga Organ Reproduksi

Tips Kesehatan Reproduksi Wanita

Cara Jitu Menjaga Organ Reproduksi

Tips Kesehatan Reproduksi Wanita



Pengertian Reproduksi wanita- Pengertian reproduksi menurut WHO yaitu suatu kondisi kesehatan yang sempurna yang baik secara FISIK, MENTAL dan SOSIAL yang utuh bukan cuma bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yg berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya.

Definisi kesehatan reproduksi ICPD  1994 adalah kesempurna fisik, mental, dan sosial dan tidak semata-mata ketiadaan penyakit atau kelemahan, dalam segala hal yang berkaitan dengan semua tentang sistem reproduksi.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Dan Pria

Hal-hal yang mencakup sistem Reproduksi

  1. Hak seseorang untuk dapat memperoleh kehidupan seksual yank aman dan memuaskan dan mempunyai kapasitas untuk bereproduksi.
  2. Hak dari laki laki dan perempuan untuk memperoleh informasi serta mendapatkan aksebilitasi yang aman, efektif, terjangkau bauk secara ekonomi maupun secara kurtural.
  3. Kebebasan untuk memutuskan bilamana atau seberapa banyak melakukannya.
  4. Hak untuk mendapatkan tingkat pelayanan kesehatan yang memedai sehingga perempuan mempunyai kesempatan untuk menjalani proses kehamilan secara aman.
Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita dan Pria

Faktor faktor yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi manusia
1.    Faktor sosial ekonomi dan demografi
Salah satu Dampak tingkat pendidikan, yang rendah, dan ketidak pahaman tentang perkembangan seksual dan proses reproduksi.

2.    Faktor psikologis
Salah stu dampaknya adalah keretakan orang tua, depresi karena ketidak keseimbangan hormonal dan juga rasa tidak berhaga wanita pada pria yang memberi kebebasan secara materi.

3.    Faktor budaya dan lingkungan
Salah satu dampaknya adalah praktek tradisional yang berdampak buruk pada kesehatan reproduksi.

4.    Faktor biologis
Salah satu dampaknya adalah cacat sejak lahir dan cacat pada saluran reproduksi pasca penyakit menular seksual.

Jadi menjaga kesehatan reproduksi sangat penting bagi kita semu kerena menjaga kesehatan reproduksi bertujuan untuk mencegah datangnya penyakit, entah itu penyakit menular maupun penyakit karena kurang merawat organ reproduksi. Misalnya dengan rajin mengganti celana dalam akan mencegah terjadinya penumpukan bakteri keringat berlebihan yang akan menyebabkan gatal atau iritasi.

Menjaga kesehatan reproduksi bukan Cuma hanya rajin mengganti celana dalam lho sob wkkwk, tapi menjaga reproduksi juga tentang bagaimana kita berperilaku sehat, termasuk dalam berhubungan seksual.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Dan Pria

Untuk kalian yang sudah seksual aktif jangan pernah menganggap bahwa kesehatan reproduksi itu tidak penting , karena menjaga kesehatan reproduksi bagi anda yang seksual aktif itu sangat penting karena digunakan untuk mencegah penyakit menular seksual, misalkan dengan penggunaan kondom ketika berhubungan seksual dan memeriksa ke dokter secara rutin atau jika terjadi gejala.

Menjaga  kesehatan reproduksi itu berarti mencintai diri sendiri karena dengan menjaga kesehatan reproduksi itu berarti mencegah kalian terkena penyakit dan menjaga organ reproduksi kita lebih sehat, dan dengan sehat kita bisa leluasa mencintai diri sendiri dan bisa lebih bisa berbuat tidak terhambat oleh penyakit karena kita sering merawatnya.

Saat organ reproduksi kita sehat untuk melakukan hubungan seksual pun akan lebih aman nyaman dan memuaskan , nah didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga. Sipp, menjaga kesehatan organ reproduksi kita, berarti menjaga jiwa kita tetap sehat ya.

Kalau bukan kita sendiri yang menjaga organ reproduksi kita trus siapa lagi,,,,,, tubuh kita adalah hak kita, jadi apapun yang terjadi pada tubuh kita itu adalah hak kita termasuk menjaga reproduksi kita,, tapi jika ada keluhan dengan tubuh anda jangan sungkan sungkan untuk memeriksanya ke dokter karena kalian punya hak untuk sehat secara reproduksi . dan untuk kita yang masih remaja yang berumur  10-24 tahun puskesmas sudah ada pelayanan PKPR (pelayanan kesehatan peduli remaja) pelayananya sangat ramah.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita dan Pria

Menjaga organ reproduksi juga bisa meningkatkan rasa PD (percaya diri) kita jadi jangan menganggap menjaga organ reproduksi itu tidak penting ya. Selain itu juga saat berhubungan seksual kita tidak menutup-nutupi bahwa kita memiliki penyakit seksual atau organ seksual yang bau , dengn merawat kesehatan reproduksi akan meningkatkan rasa percaya diri saat berhubungan seksual.
Untuk wanita dan laki-laki ini saya akan menulis tantang tips untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pada wanita, langsung di simak ya ,


Tips menjaga kesehatan organ reproduksi pada wanita :


  • Celana dalam harus ganti setiap hari dan pada hari hari yang mengalami keputihan, lebih baik memakai panty liner sehingga tidak menempel pada pakaian dalam yang menyebabkan ketidaknyamanan.
  • Lakukan pembersihan dengan menggunakan air pada alat kelamin baik itu suami ataupun istri ketika akan melakukan hubungan badan.
  • Hindari stress berlebihan dan beralih ke gaya hidup aktif dengan teratur berolahraga dan sering mengkonsumsi makanan yang seimbang yang bernutrisi dan bervitamin.
  • Hindari menggunakan sabun atu menyaou shower gel pada alat kelamin karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit dan akan menjadi gatal-gatal.
  • Ketika haid anda disarankan sering mengganti pembalut terutama pada hari-hari yang banyak darah.
  • Hindari hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.
  • Hindari hubungan intim pada saat datangnya haid.
  • Hindari penggunaan pembersih vagina yang di jual dipasaran, karena dapat menimbulkan efek samping dan mengubah ph vagina.
  • Rajinlah mencukur dan membersihkan rambut organ intim secara rutin, minimal 40 hari sekali. Karena jika dibiarkan terlalu lebat maka bakteri akan bersarang pada rambut intim.
  • Jaga selalu kelembapan suhu organ intim, jika terlalu lembap atau suhunya terlalu tinggi akan menyebabkan organ intim tidak sehat.
Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita dan Pria

Beberapa penyebab akibat tidak sehatnya organ reproduksi yang di karenakan cara hidup kita yang tidak sehat, aktivitas seksual yang tidak sehat yang menyebabkan organ dari reproduksi terganggu dan tidak sehat :

  1. HIV/AIDS
  2. Sipilis
  3. Gonore
  4. Kencing nanah
  5. Raja singa
  6. Herpes
  7. Herpes genital
  8. Hernia
  9. Klamidia

Makan dan minum sembarangan juga sangat mempengaruhi kesehatan organ produksi :

  1. Impotensi
  2. Ejakulasi dini
  3. Difungsi ereksi
  4. Difungsi seksual
  5. Lemah syahwat
  6. Masalah kesuburan

Cara Jitu Menjaga Organ Reproduksi

Tips menjaga kesehatan organ reproduksi pada pria :


  • Membersihkan alat kelamin dengan rutin dengan cara membilas alat kelamin setiap habis buang air kecil.
  • Memakai celana yang bersih dan higenis, ganti celana dalam paling tidak dukali sehari.
  • Mencukur rambut kelamin, paling tidak cukur rambut kelamin 40 hari sekali untuk menghindaritumbuhnya bakteri.
  • Menghindari dari ancaman berbahaya, alat kelamin sangat sensitif dengan sinar x rontgen maka jangan keseringan melakukan rontgen.
  • Menjaga dari kelembaban,bila alat kelamin pria dalam lingkup yang panas, maka sperma yang dihasilkan akan turun kualitasnya, ini bisa menyebabkan sulit terjadinya pembuahan oleh sel telur sang istri.
Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita dan Pria

Rawatlah kesehatan reproduksi dengan hal yang baik baik ya ?
Merawat kesehatan reproduksi bisa diawali dengan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu tidak menggunakan alat-alat elektronik di dekat paha seperti handphone, tablet, laptop dan lain-lain,karena barang elektronik yang panas bisa menyebabkan kualitas sperma berkurang begitu juga dengan penggunaan celana yang ketat akan membuat organ reproduksi menjadi panas.

Baca Juga:

sekian dari saya ya, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, sebelumnya terimakasih sudah mengunjungi blog saya ya sampai berjumpa lain waktu??

KATA KUNCI
  • cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria
  • cara menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan pria



Share this

Related Posts

First